RPP 1 Lembar PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2020 - Pada kesempatan kali ini, Admin IGuru31 (IGuru31.blogspot.com) akan coba bagikan RPP 1 Lembar Revisi Terbaru.

RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

RPP PAI Kelas 3 Semester 2

Contoh RPP 1 Lembar PAI SD/MI Kelas 3 Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Revisi 2020


Untuk saat ini, pembuatan RPP PAI SD/MI Kelas 3 Semester 2 K-13 Revisi 2020 ini bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

Contoh RPP 1 Lembar PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SDN ......
Mata Pelajaran : PAI & Budi Pekerti
Kelas/Semester : 3 / 2 (Dua)
Pembelajaran Ke-7 : Hati Tenteram dengan Berperilaku Baik
Tema / Topik Ke-1 : Tanggung Jawab/Ikhlas
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan arti ikhlas dengan benar.
2. Menjelaskan ikhlas dalam beribadah dengan benar.
3. Menunjukkan sikap ikhlas dengan benar.
4. Mencontohkan sikap ikhlas dengan benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
1. Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan mengajakpeserta didik berdoa bersama.
2. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh pesertadidik.
3. Guru menyiapkan beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantubisa berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yangrelevan.

Kegiatan Inti
Mengamati
 Setiap peserta didik dalam kelompok mengamati gambar/ilustrasiberseri tentang sikap ikhlas kemudian membacanya.

Menanya
 Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yangtelah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, gurumemberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didikmencari tahu dengan cara menanya.
 Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa,tetapi mengapa dan bagaimana, Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh guru.

Mengeksplorasi
 Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.
 Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
 Perwakilan setiap kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi,kelompok yang lain menyimak dan memberi tanggapan. Setelahsebagian dan atau semua kelompok selesai menyampaikan, guru memberi penguatan dan penjelasan lebih mempertajam materi.(pengembangan materi).

Mengasosiasi
 Guru meminta peserta didik bersama-samamengucapkan “Aku selalu beramal sungguh-sungguh karena AllahSwt.” Pengakuan semacam ini bisa ditanyakan apakah peserta didikmemahaminya. Contohnya seperti apa?
 Peserta didik secara berkelompoksebanyak empat orang memperagakan keikhlasan dalam berbuat.Sementara kelompok lainnya mengamati dan memberi tanggapan.
 Guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia. Rubrik ini bertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik menilai dirisendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaian sikap pesertadidik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik oleh guru atauorangtua.

Penutup
1. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
2. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
3. Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi Selama Kegiatan Berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Download RPP PAI SD/MI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013

Penyusunan RPP PAI SD/MI Kelas 3 Semester 2 K-13 Revisi 2020 1 Lembar secara efisien dan efektif dilakukan agar guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan unduh disini.

Download RPP PAI Kelas 3 Semester 2 Tahun 2020

Mungkin cukup sampai disini informasi yang bisa saya sampaikan untuk Ibu/Bapak guru mengenai RPP PAI SD/MI Kelas 3 Semester 2 K-13 Revisi 2020. Selamat mengunduh, dan Salam Sukses...!!!