RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020 - Pada kesempatan kali ini, Admin IGuru31 (IGuru31.blogspot.com) akan coba bagikan RPP 1 Lembar Revisi Terbaru.
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Untuk saat ini, pembuatan RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020 ini bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi. Berikut Contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 5 Semester 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD N ......
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 5 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 90 Menit
Pertemuan : Ke-1
Pelajaran : Volume Bangun Ruang
Sub Pelajaran : Bangun Ruang Kubus
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu memahami volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
2. Melalui berbagai latihan siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
5. Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
B. Kegiatan Inti (65 Menit)
01. Mengamati
? Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang pengertian bangun ruang kubus. Literasi
? Mengetahui pengertian bangun ruang kubus.
02. Menanya
? Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
? Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
? Guru menjelasakan pertanyaan siswa
03. Menalar
? Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bangun ruang kubus. (Gotong Royong, Mandiri)
? Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bangun ruang kubus dengan bimbingan guru.
? Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
? Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bangun ruang kubus.
04. Mencoba
? Guru memberikan soal latihan bangun ruang kubus kepada siswa.(Creativity and Innovation)
? Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
? Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
05. Komunikasi
? Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bangun ruang kubus. (Comunicatian)
? Siswa menyampaikan manfaat belajar bangun ruang kubus yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.
C. Penutup (15 Menit)
1. Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
3. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Download RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Tahun 2020
Mungkin cukup sampai disini informasi yang bisa saya sampaikan untuk Ibu/Bapak guru mengenai RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020. Selamat mengunduh, dan Salam Sukses...!!!
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Contoh RPP 1 Lembar Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Revisi 2020
Untuk saat ini, pembuatan RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020 ini bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi. Berikut Contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 5 Semester 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD N ......
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 5 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 90 Menit
Pertemuan : Ke-1
Pelajaran : Volume Bangun Ruang
Sub Pelajaran : Bangun Ruang Kubus
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu memahami volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
2. Melalui berbagai latihan siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
5. Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
B. Kegiatan Inti (65 Menit)
01. Mengamati
? Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang pengertian bangun ruang kubus. Literasi
? Mengetahui pengertian bangun ruang kubus.
02. Menanya
? Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
? Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
? Guru menjelasakan pertanyaan siswa
03. Menalar
? Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bangun ruang kubus. (Gotong Royong, Mandiri)
? Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bangun ruang kubus dengan bimbingan guru.
? Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
? Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bangun ruang kubus.
04. Mencoba
? Guru memberikan soal latihan bangun ruang kubus kepada siswa.(Creativity and Innovation)
? Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
? Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
05. Komunikasi
? Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bangun ruang kubus. (Comunicatian)
? Siswa menyampaikan manfaat belajar bangun ruang kubus yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.
C. Penutup (15 Menit)
1. Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
3. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Download RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Penyusunan RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020 1 Lembar secara efisien dan efektif dilakukan agar guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan unduh disini.Download RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Tahun 2020
Mungkin cukup sampai disini informasi yang bisa saya sampaikan untuk Ibu/Bapak guru mengenai RPP Matematika SD/MI Kelas 5 Semester 2 K-13 Revisi 2020. Selamat mengunduh, dan Salam Sukses...!!!